Rate this post

Kalo udah yang namanya jalan-jalan ga mungkin kalo ga jajan ya kan. Apa lagi kalo udah melihat makanan-makanan yang sangat menggoda hati dan iman, hmm pasti udah ga kuat deh untuk tidak memakannya. Nah ini dia nih jajanan yang menggoda iman banget nih di kota Solo.

@widjonoahmad
@widjonoahmad

Makanan yang satu ini bentuknya seperti bubur sumsum ya,tapi makanan yang satu ini bukan bubur sumsum loh. Makanan ini Tahok namanya,makanan yang merupakan jajanan khas solo yang bisa membuat badan terasa hangat saat memakan ini.

Tahok yang merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Yang ber tekstur lembut dan berwarna putih bersih di siram dengan kuah dengan campuran gula merah, jahe, daun pandan serta sereh membuat cita rasa yang sangat menarik dan bisa membuat siapa saja yang memakannya merasa hangat.

Sebenarnya Tahok sendiri merupakan makanan tradisional yang berasal dari Cina yang dibawa oleh pendatang dari Tionghoa yang kemudian menetap di Pasar Gede, Solo. Tahok sendiri berasal dari kata “Tahoa”. Tao artinya kacang kedelai sedangkan hoa berarti lumat. Jadi Tahoa adalah kacang kedelai yang dilumatkan.

Selain rasanya yang enak Tahok ini ternyata juga mempunyai banyak khasiat loh guys, salah satunya bisa menyembuhkan masuk angin serta beberapa penyakit lainnya. Hmm Tahok ini sangat enak kalau di makan sedang hujan karena saat itu badan yang terasa dingin bisa menjadi hangat.

Tahok ini bisa kalian temukan saat ada di Solo ya guys, jadi bagi kalian yang sedang berada di Solo bisa mencicipi jajanan yang satu ini ya. Salah satunya kalian bisa jumpai Tahok Pak Citro yang berada di Jl. Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini buka 06.00 hingga 15.00 WIB, dan semangkok tahok di jual dengan harga Rp7.000.