Mengenal Wisata Budaya di Kota Malang

Mengenal Wisata Budaya di Kota Malang

Yuk mengenal lebih dalam wisata budaya di kota Malang. Yang kita ketahui selama ini kota Malang adalah tempat wisata alam dan juga kulinernya, tapi tanpa kalian sadari di kota ini juga mempunyai wisata budaya yang sangat menarik loh. Salah satunya adalah Wayang guys.

Berkenalan dengan Wayang Topeng Malangan

Via ngalam.co

Wayang Topeng Malangan ini adalah tarian tradisional Malang yang merupakan tradisi budaya dan religiusitas masyarakat Jawa semenjak Kerajaan Kanjuruhan yang dipimpin oleh Raja Gajayana semasa abad ke 8 M. Wayang Topeng ini dipakai media komunikasi antara kawulo dan gusti, antara raja dan rakyatnya.

Sesi Pertunjukkan Tari Topeng

Wayang ini dimainkan oleh orang dengan menggunakan topeng yang menutupi wajah. Wayang Topeng ini dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian.

Nah biasanya sebelum melakukan pertunjukan Tari Topeng Malangan ini dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama dilakukan Gending giro yaitu iringan musik gamelan yang dilakukan oleh pengrawit untuk menandakan pertunjukan akan dimulai atau memanggil penonton untuk menyaksikan.Kemudian sesi kedua dilakukan salam pembukaan, dalam salam pembuka ini biasanya dilakukan oleh salah satu anggota pertunjukan untuk menyapa penonton dan menceritakan sinopsis cerita yang akan dibawakan. Dan pada bagian ketiga dilakukan sesajen, yaitu ritual yang dilakukan agar pemain dan penonton diberi keselamatan dan pertunjukan berlangsung lancar. Dan yang terakhir adalah inti acara yaitu pertujukan Tari Topeng Malangan.

Karakter dalam Wayang

Wayang ini mempunyai karakter dan peran berbeda-beda, yaitu:

  1. Protagonis dari tokoh baik Kerajaan Jenggala dan Kediri yaitu tokoh Panji dan Putri 
  2. Antagonis dari Kerajaan Sabrang atau seberang yaitu, Kerajaan Dulang Kencana, Bantar Angin dan lainnya. Tokohnya adalah, Klana, Bapang, Patih Sabrang dan Butho 
  3. Tokoh lucu biasanya abdi yaitu, Demang dan Emban 
  4. Tokoh hewan seperti Ayam, Naga, Ikan, Monyet, Celeng/Babi, Sapi, dan Lalat (jelmaan Walangwati-walang Semirang.

Dengan beberapa karakter yang ada di masing-masing topeng mempunyai peran dan juga pesan yang berbeda-beda. Ini nih yang menarik dari Wayang Topeng Malangan.

Tantangan Melestarikan Wayang

Tapi semenjak perkembangan teknologi yang semakin maju membuat regenerasi jarang yang melestarikan Wayang Topeng Malangan ini. Sehingga Badan Pelestarian Pusaka Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Malang sepakat mendaftarkan Seni Tari Topeng Malangan sebagai World Intangible Heritage (warisan budaya tak benda) ke UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2016 lalu. Walaupun prosesnya tidak instan, akan tetapi ini merupakan langkah awal untuk mempertahankan kekayaan budaya Indonesia.

Kapan Wayang ditampilkan?

Pementasan Wayang Topeng Malangan biasanya di tampilkan di Pagelaran Budaya dan Pesta Pernikahan, Salah satunya pentas ini bisa kita jumpai di sanggar tari Asmorobangun yang berada di Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Disini kalian bisa melihat dan mempelajari tarian Wayang Topeng Malangan, selain itu disini kalian bisa melihat pembuatan topeng juga loh.

Jadi yang ingin mengetahui lebih dalam kalian bisa kunjungi tempat ini ya.

Newsletter