Rate this post

Minangkabau merupakan suku yang berada di daerah Sumatera Barat nih teman-teman. Di Minangkabau sendiri memiliki ragam budaya dengan ciri khas yang tertentu. Nah sekarang triplelaketoba ingin mengenalkan ke kalian salah satu budaya yang melekat dengan Minangkabau. Salah satunya adalah Tari Piring.

via netralnews.com

Apa itu Tari Piring?

Tari Piring merupakan tarian tradisional Minangkabau. Tarian ini adalah ritual masyarakat minangkabau pada zaman dahulu untuk ucapan rasa syukur atas hasil panen yang sangat berlimpah. ayunan piring yang mengikuti gerakan-gerakan cepat dan teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan. Yang setiap gerakannya diambil dari langkah-langkah dalam silat Minangkabau. Membuat masyarakat yang menonton pertunjukan tersebut sangat amad terpukau karena lincah nya para penari saat memainkan piring tersebut.

Alat Musik Tari Piring

Dalam tarian ini juga terdapat iringan musik dari berbagai alat musik seperti, Rebana, Gong, Saluang, Talempong, dan lain-lain. Tarian ini di iringi oleh musik penayuhan, biasanya menggunakan lagu Takhian Sai Tiusung dan Takhi Pinghing Khua Belas. Selain gerakan yang unik musik pengiring tarian ini juga unik, karena memadukan beberapa alat musik.

Dimana Tari Piring Biasa Dipertunjukkan?

Tarian ini bisa kita temukan di setiap  acara-acara adat seperti upacara pernikahan, khitanan dan pengangkatan penghulu. Selain itu tarian ini juga dipentaskan saat ada anggota masyarakat yang sedang panen hasil bumi yang melimpah ruah.

Tapi bukan hanya itu, tarian ini juga sudah di pentaskan di beberapa pentas seni dan acara acara besar lainnya untuk mengenalkan budaya khas minangkabau kepada seluruh indonesia dan mancanegara. Nah makanya tari piring sudah terkenal di segala penjuru. oiya untuk para penerus bangsa jaga ya budaya indonesia termasuk tarian ini nih oke.

Dan terimkasih teman-teman sudah mau mengetahui tentang Tarian piring ini.