Inspirasi Wisata

Pentingnya Ulos Batak Dalam Acara Adat

Di Indonesia, ada berbagai macam kain khas daerah. Salah satunya adalah kain Ulos khas Batak.

Seiring perkembangan waktu, Ulos tidak hanya diberikan kepada orang Batak saja. Tapi juga diberikan kepada orang “Non-Batak”.

Source : IG @unansitanggang

Pemberian ulos kepada orang Non-Batak ini biasanya dapat berarti sebagai sebuah simbol kasih sayang atau penghormatan. Sama seperti dengan kain di seluruh Indonesia, pembuatan kain ulos tidak mudah. Membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan untuk menyelesaikan satu kain.

Jenis Ulos dan Fungsinya

Ada banyak jenis ulos dengan kegunaan masing-masing. Antara lain Ulos Antakantak Sunting yang dipakai sebagai selendang orang tua untuk melayat orang yang meninggal.

Ulos Bintang Maratur Sunting. Ulos ini paling banyak kegunaannya dalam acara adat Batak Toba. Antara lain upacara menempati rumah baru, selamatan hamil 7 bulan, dan untuk selendang cucu yang baru lahir.

Ulos Bolean Sunting yang dipakai sebagai selendang pada acara-acara kedukaan; Ulos Mangiring Sunting, Ulos Padang Ursa, dan Ulos Pinan Lobu-lobu Sunting sebagai Talitali dan selendang.

Source : WonderLaketoba


Ulos Ragi Hotang Adalah ulos yang paling sering digunakan oleh suku Batak. Ulos ini biasanya menjadi kado pengantin yang tengah mengadakan ritus pernikahan adat Batak. Terkadang dipakai juga untuk parompa (ikatan gendongan).

Ulos Ragi Huting adalah ulos yang digunakan oleh gadis Batak biasanya dililitkan di bagian dada, atau juga oleh orang tua yang sedang bepergian. Ulos ini sudah jarang ditemukan saat ini.


Jadi sudah pada tau ya guys sedikitnya jenis ulos batak dan fungsi-nya masing-masing, oopss jangan sampai salah pakai ya..

Pardamean

Loving Nature & Culture of Indonesia

Tampilkan komentar

Bagikan
Penulis by
Pardamean

Rekomendasi untukmu

Update Jadwal Penyebrangan Ferry dan Kapal Kayu Danau Toba 2022

Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2022 ya teman-teman. Bagi kamu yang nantinya akan… Baca selengkapnya

16 hours lalu

Lengkap! Situs Geosite di Kawasan Danau Toba

Sudah taukan teman-teman kalau kawasan Danau Toba sudah menjadi Geopark Kaldera Toba yang telah diresmikan… Baca selengkapnya

3 months lalu

Obyek Wisata Batu Parsidangan di Huta Siallagan

Danau Toba adalah danau yang kawahnya terlahir dari letusan Gunung Toba (SuperVolcano) ribuan tahun yang… Baca selengkapnya

3 months lalu

Cerita dibalik Munculnya Event Toba Fashion Week

Sebuah pergelaran baru-baru ini yang lagi hot dibicarakan di sekitaran Danau Toba adalah Toba Fashion… Baca selengkapnya

3 months lalu

Yuk Intip 5 Makanan Khas Karo Halal dan Non Halal

Berikut beberapa makanan khas dari Karo yang direkomendasikan untuk dicicipi ketika jalan-jalan sekitaran Kabupaten Karo.… Baca selengkapnya

3 months lalu

Dayok Nabinatur – Makanan Khas Daerah Simalungun

Dayok Nabinatur adalah makanan khas dari daerah Batak Simalungun Sumatera Utara. Dayok memiliki arti Ayam,… Baca selengkapnya

3 months lalu

This website uses cookies to learn more about your interest, so we can provide the proper content for you then.