Mengenal Tari Saman Khas Aceh

Kalian tahu gak sih tentang tari saman?ih… masa kalian gak tau sih tentang tarian yang menjadi salah satu ikon pembukaan asian games. Yaudah deh Triplelake toba kasih tau apa itu Tari Saman.

Via romadecade.org

Tari saman itu adalah tarian adat khas aceh yang berasal dari dataran tinggi Gayo. Tarian ini mempunyai gerakan yang unik dan juga berbeda dengan tari tradisional lainnya, karena kekompakan dan keharmonisan harus dijalankan dengan baik dalam mempertunjukan tarian ini. Tarian ini terkenal akan kekompakannya yang sangat luar biasa.

Tepukan tangan, tepuk dada, dan juga tepuk paha. antar penari juga begitu sangat rapih dan tertata sehingga membuat suara tepukan tangan, tepuk dada, dan juga tepuk paha. itu menjadi suatu irama yang menarik. Syair-syairnya yang mengalun kencang memberikan suasana bersuka ria dan dikagumi oleh banyak orang saat mendengarnya.

@ariestzumma

Tarian ini pada zaman dahulu bisa dilakukan oleh pria muda aja loh, tapi semenjak berkembangnya zaman tarian saman ini mulai banyak di tarikan sam kaum wanita.Nah tari saman ini beranggota kan 10 orang atau lebih. Untuk anggota itu di di bagi menjadi beberapa formasi yang berbeda-beda dan rapih.

Untuk tarian saman sendiri kalian sering liatkan tentang busana mereka yang beragam, nah busana yang mereka pakai itu adalah pakaian adat khas Aceh yang terdiri dari bagian kepala berupa bulung teleng, di badan melekat baju kerawang, cela, dan kain sarung atau jarik.

Tari Saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat ya teman-teman. Tetapi sekarang tari saman bisa dilihat di berbagai acara tradisional jadi kalian ga perlu tuh repot-repot nyari pertunjukan tari saman.

Oiya satu lagi tari saman sudah di akui oleh UNESCO loh,karena tarian ini memiliki keunikan melalui gerakan-gerakan dari tarian, keabsahan, serta mempunyai filosofi yang bersifat universal, dan memiliki kekuatan daya tular ke masyarakat. Oleh karena itu tarian ini jadikan salah satu tradisi bangsa Indonesia. 

Nah itu lah teman-teman beberapa penjelasan tentang tari saman. Jadi jangan lupa ya jaga budaya indonesia yang satu ini.

Rahma Febriyanti

Bagikan
Penulis by
Rahma Febriyanti

Rekomendasi untukmu

Update Jadwal Penyebrangan Ferry dan Kapal Kayu Danau Toba 2022

Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2022 ya teman-teman. Bagi kamu yang nantinya akan… Baca selengkapnya

16 hours lalu

Lengkap! Situs Geosite di Kawasan Danau Toba

Sudah taukan teman-teman kalau kawasan Danau Toba sudah menjadi Geopark Kaldera Toba yang telah diresmikan… Baca selengkapnya

3 months lalu

Obyek Wisata Batu Parsidangan di Huta Siallagan

Danau Toba adalah danau yang kawahnya terlahir dari letusan Gunung Toba (SuperVolcano) ribuan tahun yang… Baca selengkapnya

3 months lalu

Cerita dibalik Munculnya Event Toba Fashion Week

Sebuah pergelaran baru-baru ini yang lagi hot dibicarakan di sekitaran Danau Toba adalah Toba Fashion… Baca selengkapnya

3 months lalu

Yuk Intip 5 Makanan Khas Karo Halal dan Non Halal

Berikut beberapa makanan khas dari Karo yang direkomendasikan untuk dicicipi ketika jalan-jalan sekitaran Kabupaten Karo.… Baca selengkapnya

3 months lalu

Dayok Nabinatur – Makanan Khas Daerah Simalungun

Dayok Nabinatur adalah makanan khas dari daerah Batak Simalungun Sumatera Utara. Dayok memiliki arti Ayam,… Baca selengkapnya

3 months lalu

This website uses cookies to learn more about your interest, so we can provide the proper content for you then.