Gordang Sambilan Alat Musik Khas Mandailing

Gordang Sambilan Alat Musik Khas Mandailing

Kalian sudah mengenal belum salah satu alat musik yang satu ini. Nah kalau belum mengenal alat musik yang satu ini, yuk mari kita kenalan alat musik khas batak yang satu ini. Siapa tau kalian menarik untuk memainkannya atau ingin mengetahui bunyi khasnya.

@dolokmartimbus
@dolokmartimbus

Alat musik ini adalah Gordang Sambilan namanya, dengan sembilan gendang itulah arti dari Gordang Sambilan. Alat musik ini adalah gendang nya khas Mandailing yang di pukul berirama. Gordang sendiri terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kulit sapi atau kerbau. Biasanya gordang terdiri dari 6 sampai 9 gendang yang telah disusun.

Alat musik ini yang tersusun dari 9 buah Gendang, Gordang adalah susunan gendang-gendang besar yang disusun secara rapi dan berurutan. Dan dari masing-masing gendang ini memiliki bunyi yang berbeda loh teman-teman. Biasanya Gordang Sambilan di mainkan oleh 6 orang pemain dengan nada gendang yang paling kecil 1,2 sebagai taba-taba,gendang 3 tepe-tepe,gendang 4 kudong-kudong,gendang 5 kudong-kudong nabalik,gendang 6 pasilion,gendang 7,8,9 sebagai jangat.

Biasanya Gordang di tampilkan pada saat acara-acara adat seperti pementasan upacara adat, penyambutan , acara pernikahan dan juga kadang untuk acara kematian. Tetapi saat ini alat musik Gordang sudah di kenal masyarakat karena alat musik ini sering di pakai diberbagai acara konser musik batak ataupun konser lainnya.

Newsletter