Danau Toba

Bulan Tula – A Tale of Love

Ole ole lakkatni tobu ale

Molo poltak bulan i

Mangalap boru ale

Boru aha ale

Boru ni tulang ale

Manuruk ma hamu sude

Tartakkup na parpudi

Tidak banyak lagi yang masih menghapal semua lirik lagu diatas. Lagu yang biasa di dendangkan remaja putri yang berkumpul di halaman rumah, pada malam bulan purnama (Bulan Tula).

Malam itu bulan sedang bersinar terang, membulat sempurna di langit gelap. Cahaya bulan yang terang mengundang remaja putra (Doli Doli) dan remaja putri (Namarbaju) untuk sepakat melaksanakan Gondang Naposo, pesta muda mudi untuk berpesta budaya dan upaya untuk menemukan pasangan hidup (Sirongkap ni Tondi).

Gondang Naposo di Bulan Tula

Gondang Naposo adalah puncak dari rangakaian panjang cerita asmara muda mudi di budaya batak. Berawal dari ketidaksengajaan seorang pria melihat gadis cantik yang baru selesai mandi dengan jeruk purut (Marparangir), yang kemudian membawa pemuda tersebut ke upaya untuk mengenal gadis yang di lihat nya di pemandian.

@simonsiregar

Gondang Naposo adalah puncak dari rangakaian panjang cerita asmara muda mudi di budaya batak. Berawal dari ketidaksengajaan seorang pria melihat gadis cantik yang baru selesai mandi dengan jeruk purut (Marparangir), yang kemudian membawa pemuda tersebut ke upaya untuk mengenal gadis yang di lihat nya di pemandian.

Gondang Naposo, lazim dilakukan pada bulan purnama. Cahaya bulan yang terang menambah kehangatan kerjasama muda mudi dari berbagi kampung. Pada acara ini akan diisi dengan Tarian, tetabuhan musik, lagu tradisi, serta nasehat.

Rangkaian kegiatan tersebut di atas sudah langka di temui secara lengkap di Tano Batak. Untuk itu, BPODT bekerja sama dengan Muda Mudi dari Huta Pagar Batu, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir akan melaksanakan rangkaian acara Gondang Naposo bertepatan dengan Super Blue Blood Moon, peristiwa alam yang terjadi terkahir kali nya 152 tahun yang lewat.

Rangkaian acara akan dimulai dari ritual Marparangir hingga ke acara puncak Gondang Naposo tepat pada malam bulan purnama.

Acara ini akan didokumentasikan menjadi film pendek. Dengan tujuan, menjadi pustaka visual untuk anak muda tentang bagaimana tahapan yang harus dilalui seorang pemuda untuk menemui gadis pujaan hati nya.

@simonsiregar

Selain itu, moment ini akan bercerita meriah nya asmara pada Bulan Purnama di Tanah Batak serta bisa menjadi paket wisata yang menarik di untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

Pardamean

Loving Nature & Culture of Indonesia

Tampilkan komentar

Bagikan
Penulis by
Pardamean

Rekomendasi untukmu

Update Jadwal Penyebrangan Ferry dan Kapal Kayu Danau Toba 2022

Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2022 ya teman-teman. Bagi kamu yang nantinya akan… Baca selengkapnya

2 days lalu

Lengkap! Situs Geosite di Kawasan Danau Toba

Sudah taukan teman-teman kalau kawasan Danau Toba sudah menjadi Geopark Kaldera Toba yang telah diresmikan… Baca selengkapnya

3 months lalu

Obyek Wisata Batu Parsidangan di Huta Siallagan

Danau Toba adalah danau yang kawahnya terlahir dari letusan Gunung Toba (SuperVolcano) ribuan tahun yang… Baca selengkapnya

3 months lalu

Cerita dibalik Munculnya Event Toba Fashion Week

Sebuah pergelaran baru-baru ini yang lagi hot dibicarakan di sekitaran Danau Toba adalah Toba Fashion… Baca selengkapnya

3 months lalu

Yuk Intip 5 Makanan Khas Karo Halal dan Non Halal

Berikut beberapa makanan khas dari Karo yang direkomendasikan untuk dicicipi ketika jalan-jalan sekitaran Kabupaten Karo.… Baca selengkapnya

3 months lalu

Dayok Nabinatur – Makanan Khas Daerah Simalungun

Dayok Nabinatur adalah makanan khas dari daerah Batak Simalungun Sumatera Utara. Dayok memiliki arti Ayam,… Baca selengkapnya

4 months lalu

This website uses cookies to learn more about your interest, so we can provide the proper content for you then.