Andaliman Resep Khusus Orang Batak

Andaliman – Kunci Ramuan Enaknya Masakan Batak

Rate this post

Andaliman atau yang paling sering disebut dengan merica batak ini adalah ramuan rahasia yang digunakan Orang Batak (Halak Batak) untuk memantapkan hidangannya. Andaliman adalah salah satu komoditas khas yang ada di Sumatera Utara, karena hanya tumbuh baik di sekitaran Danau Toba, Kaldera Danau Toba. Tidak hanya di Danau Toba, namun Andaliman juga bisa ditemukan di India, Tibet, Nepal dan Thailand.

Buah Andaliman

Masakan dengan Andaliman

Andaliman memiliki cita rasa yang unik, terasa pedas dan asam namun sangat nikmat untuk dinikmati Makanan yang menggunakan andaliman sebagai resep kunci rasa masakannya diantaranya adalah:

Naniura : Masakan Khas batak mirp dengan Sushi dimana Ikan Mas dimasak dengan menggunakan Asam, kalau gk pakai andaliman duh gk nikmatlah rasanya

Naniarsik : Masakan khas batak bisa dengan bahan utama Ikan Masa / Mujahir,/ Ikan Tongkol atau Daging B2. Kalau gk pakai Andaliman masakan ini, gk Naniarsik namanya hehe

Napinadar : Masakan Khas Batak dengan Ayam Kampung yang dipanggang dan dilumerin dengan sauce Napinadar yang tentunya menggunakan Andaliman.

Masakan Napinadar

Mie Gomak : Sphageti batak , masakan dengan menggunakan Mie Lidi (Jagung) dengan kuah santan dicampur dengan Andaliman, amang tahe sodap nai ( Ya ampun sedap kali rasanya.. )

Sauce untuk masakan Panggang, Andaliman ini sangat nikmat kalau jadi saus panggang baik itu Anda panggang ikan ataupun daging. Dicampur dengan rempah lainnya, makin mantaplah makanan ini dihidangkan.

Sambal Andaliman juga menjadi favorit di Sumatera Utara apakah ingin dicampur dengan sambal tomat ikan goreng atau dicocol saja juga enak kali guys :). Duh jadi ngiler ya..

Masakan Mas Naniarsik

Khasiat Andaliman

Andaliman yang punya nama ilmiah Zanthoxylum acanthopodium diperkaya oleh banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor. Selain itu, andaliman juga mengandung beberapa antioksidan, seperti pitosterol, terpene, dan karoten.

Semua nutrisi penting tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat andaliman untuk tubuh:

Meredekan Nyeri

Menambah Darah

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memperkuat Tulang

Meredakan Peradangan

Mencegah Penyakit Kronis

Andaliman Resep Khusus Orang Batak

Dimana Beli Andaliman?

Nah, kalau Anda berada di kawasan Sumatera Utara, bahan ini tidak begitu sulit untuk didapatkan. Pergilah ke pasar pagi di daerah terdekat dan tanyakan pedagang Andaliman, pasti Ada itu. Tapi kalau Anda berada jauh dari Sumatera Utara, carilah Andaliman di pasar tradisional Senen di jakarta atau ke Pasar Modern di kota Anda.

Newsletter