Danau Toba

Desa Garoga yang eksotis di Tigaras

Objek wisata di Tigaras merupakan tujuan wisata yang cukup menarik di Danau Toba, walau tempat ini belum dikenal oleh wisatawan asing, namun wisatawan lokal sudah banyak mendengar dan datang ke tempat ini untuk berwisata. Tigaras adalah sebuah kota yang masuk dalam kecamatan Dolokpardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

         Pada musim liburan daerah Tigaras ini akan ramai didatangi oleh pengunjung yang hendak berlibur, karena di sini ada beberapa objek wisata seperti Pantai Batu Hoda, pantai Garoga, Tanjung Unta, Pantai Paris dan tugu Perjuangan Rakyat Tigaras. Selain itu tigaras juga menjadi jalur alternatif untuk menuju Pulau Samosir, dan jarak tempuhnya lebih dekat dibanding jalur Medan – Siantar – Parapat – Samosir. Dari dermaga Ferry Tigaras bisa menyeberang ke Dermaga Simanindo yang berdekatan dengan lokasi wisata Parbaba di Pulau Samosir. Untuk tiba di Tigaras dari Pematang Siantar cukup ditempuh dalam waktu dua jam saja dengan kenderaan bermotor.

Pantai Tigaras

Pantai Garoga

Pantai Garoga, objek wisata alam yang satu ini adalah objek wisata terpopuler di Tigaras, merupakan pantai di tepi Danau. Pantai ini ramai dikunjungi pada saat musim liburan oleh masyarakat daerah Simalungun. Pemandangan di pantai ini sangat eksotik dengan latar perairan danau Toba yang luas dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi nan hijau.

Pantai disini memiliki air yang cukup dangkal dan arus yang tidak begitu kuat, sehingga di pantai ini banyak pengunjung berenang atau sekedar berendam di air danau karena cukup aman. Pasirnya berwarna putih kecoklatan memberi nuansa yang bagus untuk dinikmati oleh mata. pun tidak begitu deras, sehingga cukup aman bagi Anda yang ingin berenang atau sekedar berendam di airnya. Pantai ini didominasi oleh pasir putih kecoklatan yang menambah eksotika pantai. Dibeberapa bagian pantai terdapat batu bongkahan yang menimbulkan suara deburan saat diterjang ombak danau. Pepohonan yang rindang yang banyak tumbuh di tepi danau memberi keteduhan karena rindangnya, membuat kesejukan bagi pengunjung menikmati udara sejuk di tepi air.

Pantai Garoga Tigaras ini menjadi objek wisata yang diandalkan Kabupaten Simalungun sebagai tujuan wisata yang lebih berkembang selain wisata Parapat dan Haranggaol, karena pemandangan alam disini tidak kalah menarik dengan tempat lain tersebut.

Pantai Paris

Selain pantai Garoga yang menjadi objek wisata di Tigaras, tempat wisata air lainnya adalah Pantai Paris merupakan objek wisata lain yang ada di Tigaras, disini tersedia berbagai fasilitas berwisata untuk memanjakan wisatawan yang datang, selain pemandangan alamnya juga yang memang sudah bagus. Beberapa fasilitas wisata yang ada di lokasi ini adalah pondok untuk berteduh menikmati pemandangan danau, babana boat, speed boat, perahu kano, ban dan sepeda air bagi wisatawan yang senang dengan permainan air. Selain itu fasilitas penginapan tersedia ditempat ini bagi para wisatawan yang akan menginap. Selain itu banyak pedagang makanan dan minuman tersedia buat para pengunjung. Di pantai Paris juga tersedia Aula yang bisa disewa untuk emnagadakan acara, seperti rapat atau acara perpisahan. Aula ini letaknya berada di tepi pantai dan dilengkapi dengan keyboard.

Bagi yang ingin berlayar naik perahu, pengelolah pantai ini menyediakan kapal boat untuk berkeliling melihat-lihat pemandangan danau ke tempat-tempat menarik seperti Batuhoda, Tanjung Unta, batu Gantung, batu Gajah, Liang (gua) dan tempat lainnya.

IG @pantaiparistigaras

Tugu Perjuangan Rakyat

Tugu Perjuangan Rakyat Tigaras dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat memperjuangnkan kemerdekaan di tanah Batak. Letak tugu ini berada di ketinggian tebing Danau Toba di daerah Tigaras, dari tugu ini pengunjung bisa menikmati pemandangan Danau toba yang begitu luas. Pemandangan Danau toba dari tempat ini begitu indah dan selain melihat danau, Anda juga bisa melihat Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba dari lokasi tugu ini. Hampir seluruh bagian Danau toba terlihat dari lokasi ini. Posisi tugu ini membuat tugu ini menjadi salah satu spot terbaik untuk memandang keindahan Danau Toba, karena posisinya cukup tinggi dan lerengnya termasuk terjal. Untuk mengamankan pengunjung dari lereng tersebut dipasang kawat berduri agar pengunjung tidak masuk ke areal yang berbahaya.

IG @andiirawan26_official

Tempat ini menjadi spot atau objek wisata di Tigaras yang bagus utuk mengabadikan pemandangan Danau Toba, buat para penggemar fotografi bisa mendapatkan foto yang fantastis di sini. Waktu yang bagus untuk mengabadikan potret adalah pada waktu pagi atau sore hari. Namun sebaiknya pengunjung jangan malam-malam ke sini karena di tempat ini penerangannya masih kurang.

Pardamean

Loving Nature & Culture of Indonesia

Bagikan
Penulis by
Pardamean

Rekomendasi untukmu

Update Jadwal Penyebrangan Ferry dan Kapal Kayu Danau Toba 2022

Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2022 ya teman-teman. Bagi kamu yang nantinya akan… Baca selengkapnya

2 days lalu

Lengkap! Situs Geosite di Kawasan Danau Toba

Sudah taukan teman-teman kalau kawasan Danau Toba sudah menjadi Geopark Kaldera Toba yang telah diresmikan… Baca selengkapnya

3 months lalu

Obyek Wisata Batu Parsidangan di Huta Siallagan

Danau Toba adalah danau yang kawahnya terlahir dari letusan Gunung Toba (SuperVolcano) ribuan tahun yang… Baca selengkapnya

3 months lalu

Cerita dibalik Munculnya Event Toba Fashion Week

Sebuah pergelaran baru-baru ini yang lagi hot dibicarakan di sekitaran Danau Toba adalah Toba Fashion… Baca selengkapnya

3 months lalu

Yuk Intip 5 Makanan Khas Karo Halal dan Non Halal

Berikut beberapa makanan khas dari Karo yang direkomendasikan untuk dicicipi ketika jalan-jalan sekitaran Kabupaten Karo.… Baca selengkapnya

3 months lalu

Dayok Nabinatur – Makanan Khas Daerah Simalungun

Dayok Nabinatur adalah makanan khas dari daerah Batak Simalungun Sumatera Utara. Dayok memiliki arti Ayam,… Baca selengkapnya

4 months lalu

This website uses cookies to learn more about your interest, so we can provide the proper content for you then.