Rate this post

Ke Batam tapi ga mampir untuk berkuliner di kota ini, nyesel banget deh kalau tidak mencicipi makanan yang ada di Kota Batam. Kuliner yang ada di kota ini di jamin membuat lidah anda tergoda akan rasa yang di berikan oleh makanan khas Batam yang sangat enak dan membuat orang-orang yang sedang berkunjung ke Batam tergiur untuk mencicipi kuliner yang ada disini. Jadi jangan lupa nih cobain makanan yang maknyus ini nih.

1.Bingka Bakar

afikrubik.com
afikrubik.com

Kalau di Medan ada Bika Ambon tapi kalau di Batam ada aku Kue Bingka Bakar yang cita rasanya sangat manis dan memiliki tekstur renyah membuat kue ini salah satu incaran para wisatawan saat berkunjung ke Batam.

Binka bakar sebetulnya kue yang berasal dari Kerajaan Melayu lalu diserap oleh daerah Batam dan banyak populer dikalangan lokal dan wisatawan. Binka bakar memiliki banyak varian rasa, seperti: coklat, stawberry, pandan, keju dan wijen. Kalian bisa membeli kue ini di aneka toko oleh-oleh yang berada di batam ya guys.

2.Mie Sagu

@liliswahyuwardanii
@liliswahyuwardanii

Mie Batam yang satu ini adalah mie sagu. Mie ini adalah mie yang berbahan dasar tepung sagu. Biasanya mie sagu yang satu ini disajikan sebagai mie goreng yang dibumbui rasa kombinasi asin pedas.

Tekstur kekenyalan dari mie sagu yang sangat khas tidak bisa ditemukan pada mie yang diolah menggunakan tepung biasa. Aroma yang khas dari mie ini berasal dari aroma sagu yang sangat pekat, saat dicampur dengan bumbu dan rempahnya akan menimbulkan aroma yang begituh khas dari mie ini. Karena rasanya yang menggigit lidah membuat mie ini sangat menggoda para wisatawan untuk mencoba nya loh. Kalian kalau ingin mencoba nya bisa kunjungi :

Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29431.

3.Mie Lendir

@daithien2_
@daithien2_

Namanya yang unik sedikit membuat orang takut mencobanya, tetapi jangan salah paham akan namanya yang unik karena ternyata rasanya sangat bisa membuat lidah kalian terkejud saat mencobanya.

Mie lendir adalah salah satu makanan khas Batam, yang berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir, namun jangan salah kuah ini merupakan kunci rasa gurih dan manis pada Mie yang satu ini. Mie ini bisa kalian temukan di Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444.

4.Kek Pisang Villa

@batamogura
@batamogura

Buat kalian pecinta pisang kue ini cocok banget nih untuk kalian coba. Kek pisang vila ini merupakan oleh-oleh favorit para pengunjung luar Batam untuk di jadikan oleh-oleh untuk mereka bawa pulang. Untuk Kek villa ini mempunyai beberapa varian rasa yang menarik seperti, mulai dari cokelat, keju, kacang, dan masih banyak lagi varian rasa yang diisajikan. Kue ini bisa di beli di toko oleh-oleh Batam ya.

5.Gong Gong

@feriyanannisa
@feriyanannisa

Gonggong adalah sejenis siput laut yang memiliki cita rasa yang gurih. Jika kamu pernah makan siput atau keong, tekstur dan rasa dari gonggong ini kurang lebih sama dengan kedua hewan itu. Hanya perbedaannya adalah tekstur gonggong agak sedikit lebih kenyal.

Gonggong ini di masak dengan cara direbus menggunakan air garam dan jahe. Tujuannya dengan menggunakan jahe adalah untuk mengurangi rasa amis yang ada pada gonggong. Cara pengolahan yang sederhana ini untuk mengeluarkan aroma wangi dari gonggong itu sendiri. Selain itu, kebersihan ketika pengolahan juga ikut menentukan higenitas gonggong.

6.Mie Tarempa

@merekammakan
@merekammakan

Mie tarempa dibuat dari mie yang berukuran lebih tebal dan pipih dari mie kebanyakan. Kemudian dibumbui dengan aneka rempah hingga warnanya menjadi kemerahan. Lalu akan ditambah dengan berbagai toping seperti potongan ikan atau daging dan di taburi dengan bawang goreng.

Mie yang kaya akan rempah ini merupakan makanan favorit masyarakat Batam dan para wisatawan yang datang ke sinih. Apalagi kalau rasanya di lengkapi dengan rasa pedas, uhh pasti menggugah selera makan banget deh. Kalau kalian datang ke Batam gak nyobain mie yang satu ini nyesel banget deh.

Mie Tarempa bisa kalian jumpai di Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29431.

7.Luti Gendang

@ synthiatjipto
@ synthiatjipto

Sensasi yang di berikan luti gendang yaitu roti ini memiliki lapisan roti yang renyah di luar lembut dan di dalam roti ini memberikan rasa berbeda jika ditambah dengan abon ikannya. Abon ikan yang ada pada luti gendang memberikan kesan gurih, manis dan pedas.

Kombinasi rasa yang membuat lidah bergetar inilah yang membuat luti gendang banyak diminati para penikmatnya.Anda bisa membeli roti gendang ini di para penjual gorengan di Batam.

8.Otak-Otak Batam

@lilisucipto
@lilisucipto

Otak-otak khas Batam ini sangat berbeda ya dengan otak-otak lainnya, karena otak ini di buat dengan bumbu berbeda. Jika biasanya bumbu yang digunakan bumbu kacang, tetapi berbeda otak-otak khas Batam yang satu ini karena tak sama sekali menggunakan bumbu kacang.

Otak-otak ini di buat dengan ikan yang segar serta di campur dengan bumbu-bumbu alami sehingga membuat otak-otak yang satu ini sangat istimewa. Dengan rasanya yang berbeda membuat otak-otak ini tak pernah sepi akan para pembeli.

9.Sop Ikan Batam

@datukdirajadimyani
@datukdirajadimyani

Sup yang berkuah segar ini merupakan Sup Ikan khas Batam yang wajib banget kalian nikmati. Karena daging ikan yang empuk dan gurih di siram dengan kuah yang begituh segar membuat ikan ini sangat nikmat untuk di cicipi, apalagi di saat sedang hangat-hangat nya hmm pasti akan membuat lidah kalian bergetar saat mencicipi nya.

Sop ini berisi ikan tengiri yang enak dan gurih, cumi dan udang sebagai proteinnya. Untuk sayurannya ada tomat hijau, sayur asin dan daun selada. Sup ini sangat berbeda dari sup dari daerah lainnya ya, karena kuahnya yang terkenal lebih keruh. Dan perbedaan lain yaitu penggunaan tomat hijau yang masih asam dan bukan tomat merah matang.

10.Batam Ogura

@batamogura
@batamogura

Ogura namanya, kue khas batam yang teksturnya mirip sponge cake ini mempunyai cita rasa yang sangat menarik lidah bagi para penikmatnya. Sehingga kue ini sangat di buru para wisatawan apabila datang kesini. Oleh-oleh khas Batam ini hadir dengan lima varian rasa, yaitu ogura cheese, ogura choco, ogura green tea, ogura red velvet  dan ogura durian.

Dengan beraneka rasa yang di berikan kue ini semakin menarik perhatian bagi para penikmatnya. Jadi guys jangan lupa nih coba kue yang satu ini apabila kalian sedang berada di kota Batam.