Pesona Kota Balige
5 (100%) 1 vote

Sudah Pernah Ke Balige nggak sob? Balige adalah Ibu Kota dari Kabupaten Toba Samosir yang dapat anda tempuh hanya sekitar 20 Menit dari Bandara Silangit (Silangit Airport) atau 1,5 jam dari Parapat. Kota ini adalah lokasi Karnaval Pesta Kemerdekaan 2016 pada baru-baru ini dilaksanakan lho yang langsung di hadiri oleh Presiden Jokowi. Di kota ini Anda akan menemukan berbagai lokasi yang sangat cocok untuk bersantai, merasakan ketenangan dan kenyamanan dari berbagai kesibukan Anda tiap hari.

Berbagai Keunikan Kota Balige

Di Kota ini, Anda bisa menemukan berbagai keunikan lokasi yang pastinya tidak Anda temui di kota lain. Beberapa diantaranya adalah:

Museum Batak TB. Silalahi Center

Di kota penuh pesona ini, terdapat museum Batak yang terbesar dan terlengkap di dunia yang khusus memuat barang-barang peninggalan sejarah di tanah Batak serta perkembangan Suku Batak, yaitu Museum Batak T.B. Silalahi, yang juga didirikan oleh seorang putera Batak berprestasi, yaitu T.B. Silalahi. Dimana, Museum tersebut juga sudah mendapatkan penghargaan sebagai museum swasta terbaik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Bukan hanya itu saja, T. B. Silalahi juga menjadi seorang produser dalam film yang mengangkat budaya Batak dan memperkenalkan Danau Toba dan Kota Balige, Film yang berjudul “TOBA DREAMS” tersebut melakukan syuting di Kota ini. Jika anda belum tahu, tonton donk… :).  Film tersebut diperankan oleh Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Mathias Muchus, Haikal Kamil, Jajang C Noer, dan Aktor/Aktris lainnya.
Wah, sangat menarik bukan?

Museum TB Silalahi Center

Museum TB.Silalahi

Makam Pahlawan Nasional Si Raja Batak

Bukan hanya itu, di kota penuh pesona ini juga terdapat makam Pahlawan Nasional Indonesia yaitu Si Raja Batak, Raja Sisingamangaraja XII yang lokasinya berdekatan dengan Museum Batak TB Silalahi. Sehingga, ketika anda berkunjung ke Museum Batak Terbesar di dunia yang berada di kota pesona ini, anda juga dapat berkunjung secara langsung ke Makam Pahlawan Nasional Si Raja Batak yang pastinya akan sangat menyenangkan.

Becak Motor Terkeren dan Terunik

Becak Motor Balige

Becak Motor Balige

Keunikan lain dari kota ini adalah transportasi tradisional yang dimilikinya yaitu, becak mesin yang terbuat dari Vespa dan sering disebut dengan Bentor (Becak Bermotor). Bentor sangat penting bagi masyarakat Balige karena kota Balige terdiri atas bukit-bukit yang areanya cukup sulit dimasuki oleh kendaraan yang besar.

Pasar Tradisional(Onan) yang Berbentuk Sopo

Pasar Balige

Pasar Balige

Pasar Balige yang berada di tengah kota Balige ini juga merupakan sebuah Destinasi Wisata yang sangat menarik, karena bagian luar dari pasar yang sudah menunjukkan bentuk pasar yang sangat unik yakni berbentuk Sopo atau Rumah Adat Tradisional Batak. Dipasar ini tentunya menjual kebutuhan sehari-hari dan kuliner-kuliner khas Orang Batak. Bukan hanya itu, di pasar tradisional Orang Batak ini anda dapat menemukan banyak para penjual Tenun Ulos yang harganya dapat dijangkau.

Banyak orang beranggapan bahwa pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara hanya sebatas itu-itu saja. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar pengunjung Danau Toba biasa menempuh jalur darat dari Medan ke Parapat atau ke Brastagi. Padahal, ada rute lain ketika anda ingin menikmati Danau Toba yaitu melalui kota Balige.
Menikmati Danau Toba dari kota Balige ini bisa dibilang menikmati Danau Toba dari sisi yang berbeda. Balige adalah kota yang sejuk, dan memiliki banyak spot destinasi wisata yang belum diketahui oleh banyak orang. Misalnya, panorama Danau Toba dari Bukit Pahoda, Tara Bunga dan Meat.

Pemandangan dari Tiara Bunga

@src : cultureadventure.dk

Kuliner Kota Balige

Kuliner kota Balige adalah Kuliner yang sangat enak dan menunjukkan khas daerahnya yaitu daerah Kota Balige, bahkan beberapa diantaranya adalah Kuliner yang banyak dicari oleh para Wisatawan ketika berkunjung ke daerah kawasan Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Salah satunya adalah Mie Gomak yang dikenal sebagai Spaghetinya orang Batak. Rasanya sangat enak dan dapat membuat lidah terasa ketir. Karena kandungan nya yang tidak hanya terdiri dari bumbu rempah tradisional orang Batak namun juga terdiri atas Andaliman, bumbu khas orang Batak.

Makanan Khas Mie Gomak

Mie Gomak

Bukan hanya itu saja, kota Balige juga terkenal akan ikan air tawarnya yang berasal langsung dari Danau Toba seperti ikan Mujahir, ikan Mas, ihan Bata, dan beberapa ikan lainnya yang diolah sedemikian rupa menjadi masakan-masakan khas asal Batak, seperti: Ikan Mujahir Natinombur, Ikan Mas Naniura, dan lain sebagainya.

Na Tinombur

Na Tinombur

Menginap di Balige Kota Penuh Pesona

Anda ingin ke kota Balige tapi tidak tahu mau menginap dimana? Kota Balige memiliki banyak penginapan dan hotel yang dapat memberikan pelayanan terbaik dan ternyaman bagi anda. Salah satunya adalah Hotel Tiara Bunga yang memberikan pemandangan langsung ke Danau Toba yang indah, akses kesana menggunakan kapal ferry yang telah disediakan oleh pihak hotel. Bukan hanya itu saja, di daerah Lumban silintong banyak hotel lain yang tepat berada di tepi Danau Toba. Bagaimana? Anda berminat mengunjungi Kota Penuh Pesona ini?

Hotel Tiara Bunga

Hotel Tiara Bunga

Menuju Kota Balige

Jika anda tinggal di daerah Ibukota Negara kita yaitu Jakarta, anda dapat menggunakan Pesawat menuju Bandara Silangit, memang harus transit dahulu di Pulau Batam. Namun, rute ini sangat menghemat waktu jika anda ingin datang ke kota Balige, yaitu hanya sekitar 1 jam saja. Dan anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari berbagai kota lain seperti Kota Medan yang membutuhkan waktu sekitar 6 Jam untuk mencapai Kota Balige.

Yuk, Nikmati Kota Balige Penuh dengan Pesona Istimewa