Pantai Sibolazi Samosir
4 (80%) 1 vote

Pantai Sibolazi adalah pantai yang dapat Anda temukan ketika Anda berkunjung ke Pulau Samosir-Sumatera Utara. Pulau ini memiliki keindahan tersendiri dibandingkan destinasi wisata lainnya di sekitar Danau Toba. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di tengah Danau Toba.Ketika Anda mengendarai mobil, sepeda motor atau bersepeda mengelilingi pulau samosir, singgalah di pantai Sibolazi, tepatnya di 200 Meter dari Pelabuhan Simanindo arah ke Tuk-tuk. Pepohonan dan pasir yang bersih akan Anda lihat ketika sesampainya Anda di lokasi ini. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan Pantai Pasir Putih Parbaba. Ini menjadi opsi lain ketika Anda melihat keramaian di Pantai Parbaba, bergeraklah segera menuju Pantai Sibolazi sekitar 15 Menit dengan mengendarai Mobil.

Pantai Sibolazi di Pulau Samosir

Kenapa harus ke Pantai Sibolazi?

Pantai ini menawarkan  keindahan alam, pasir putihnya dan pesona pemandangan Danau Toba yang begitu memukau. Hal ini yang menjadikan Pantai Sibolazi menjadi sebuah objek wisata yang paling diburu belakangan ini. Pantai ini sangat aman bagi anak-anak yang ingin berenang, dikarenakan pantai ini memiliki area yang dangkal kira-kira 10 meter dari tepi pantai. Udara segar yang berasal dari  pepohanan yang rindang akan semakin memanjakan Anda untuk bersantai atau berjemur di tepi pantai sambil menikmati keindahan Danau Toba.

Masyarakat sekitar juga sangat ramah kepada setiap pengunjung yang datang.

Berikut tips-tips berwisata dengan tertib berbudaya dan ceria di Pantai Sibolazi.

  1. Bertanyalah dengan sopan kepada masyarakat sekitar dengan menuturkan sapaan ( Tulang kepada orang tua laki-laki atau Nantulang untuk orang tua perempuan).
  2. Jika Anda keturunan batak sebaiknya terlebih dahulu berkenalan dengan memberitahukan marga /boru Anda.
  3. Jika pada musim mangga biasnya sih pada bulan Juni dan Juli, biasanya pantai Sibolazi akan banyak dipenuhi oleh buah mangga yang berjatuhan di pesisir pantai. Jika Anda ingin mencicipi buah tersebut, mintalah dengan sopan kepada masyarakat sekitar disitu dan pasti akan diberikan.
  4. Mari jaga kebersihan lingkungan pantai Sibolazi sehingga kita masih dapat mempertahankan karya yang diberikan TYME kepada generasi kita.


Beberapa wisatawan lokal menjadikan lokasi ini menjadi latar photo pra-wedding lho. Lokasi ini juga sering digunakan untuk camping dan tujuan para Backpacker.

Sumber Photo : Franzul M. Sianturi