Rate this post

Hi Guys, bicara mengenai destinasi yang ada di danau toba memang tidak ada habisnya ya. Sudah pernah ke Sumber Air yang konon memiliki 7 Rasa – Aek Sipitu Dai di Samosir gk ? Kalau belum kamu haru cobaiin nih guys ketika wisata di danau toba

IG: @serigalamedan

Bagaimana Menuju Kesana?

Lokasi sipitu dai ini berletak di kaki bukit pusuk buhit, kalau kamu guys dari Tarutung, Sidikalang, Silangit enaknya via Jalur Tele Kemudian singgah di Desa Harian Boho. Kalau yang dari Kualanamu, Siantar enaknya via Parapat, Ajibata nyebrang ke Pulau Samosir kemudian berkendara menuju Pangururan -> Desa Harian Boho.
Pemandian Air Hangat Kaki Pusuk Buhit

Cerita Legenda di Aek Sipitu Dai

Munculnya Air tujuh Rasa ini (sipitu dai) bermulai dari sebuah kisah Ompung Langgat Limbong yang mana adalah generasi ke dua dari Marga Limbong saat itu sedang mengalami kesusahan. Ia sedang dilanda kehausan yang luar biasa dan malangnya ia sangat sulit untuk menemukan air.

Ia terus mencari mata air ke sana kemari namun tidak kunjung satu pun yang menghasilkan air. Ompung Langgat Limbong telah mencapai batasan kehausan dan kelelahannya dan akhirnya ia berhenti di suatu tempat lalu ia berdoa kepada Sang Maha Kuasa agar ia bisa diberikan pertolongan.
Setelah ia berdoa lantas ia menancapkan sebuah tongkat ke permukaan tanah berkali-kali hingga tujuh kali banyaknya. Dan tak lama kemudian lubang bekas tancapan tongkat dari sang Ompung Langgat Limbong mengeluarkan air. Luar biasanya, air yang keluar dari setiap lubang memiliki rasa yang berbeda.

Dari kisah terbentuknya Aek Sipitu Dai tersebut kita banyak belajar banyak hal. Yang salah satunya adalah jangan menyerah saat kita sedang dilanda cobaan, tetap berusaha dan pantang menyerah. Sudah sepatutnya kita memohon bantuan dari Sang Kuasa agar diberi jalan keluar.

Destinasi Ritual di Sipitu Dai

Konon, menurut masyarakat sekitar dan beberapa penjaga Aek Sipitu Dai untuk masuk ke objek wisata ini tidaklah sembarangan, sebab bagi para wisatawan yang ingin mandi ataupun merasakan ketujuh rasa airnya harus berhati bersih dan tidak memiliki hati yang kotor, karena dipastikan bagi yang memiliki hati yang kotor maka ada saja bala yang akan di dapatkan. Ya, bagi wisatawan yang berkunjung ke Aek Sipitu Dai ini diharuskan untuk menghormati kepercayaan dan tradisi masyarakat sekitar yang telah diturunkan dari generasi-generasi sebelumnya.

Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, apabila ada wisatawan yang mengambil ketujuh sumber mata air ini untuk dibawa pulang apalagi dengan jarak yang sangat jauh, namun tidak mendapatkan izin dari para penghuni yang menjaga kawasan ini maka ketujuh air yang dibawa tersebut akan berasa seperti air tawar dan tujuh rasa yang tercipta dari sumber mata airnya pasti hilang.

Karena apabila ada yang ingin mengambil sumber mata air ini, tidaklah sembarangan. Ya, khasiat yang terkandung dalam ketujuh sumber mata air ini memang terkenal sejak dahulu, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang membawanya pulang. Katanya Nih Guys, menurut kepercayaan masyarakat sekitar pun, siapa yang mandi di sumber mata air ini maka penyakit yang di deritanya pun akan hilang, tentunya dengan hati yang bersih pula agar terhindar dari malapetaka.

Makin Penasaran gk guys, Yuk Wisata ke Danau Toba