Kuliner yang Harus Anda Cicipi di Kawasan Danau Toba
5 (100%) 1 vote

Bagi Anda yang hobby kuliner, Kawasan Danau Toba merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk merasakan aneka makanan khas Daerah ini. Rasa pedas dan empuknya makanan menjadi bagian yang khas disini. Yuk Intip beberapa makanan kuliner danau toba.

Naniura

Penyajian Naniura memiliki proses pembuatan yang menarik. Ikan atau disebut Dekke dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan lendir. Kemudian, dimatangkan dengan cara merendamnya dengan air asam Jungga atau jeruk purut. Tunggu 6-7 Jam untuk siap disantap.

Ikan Mas Naniura

Ikan Mas Naniura

Ikan Mas Arsik

Arsik ikan mas salah satu masakan khas Batak Toba. Arsik selalu ada di acara adat Batak Toba baik acara adat perkawinan dan kematian. Rasanya sangat khas karena menggunakan andaliman yg sering disebut merica Batak. Andaliman juga menambah cita rasa getir dan aroma yg khas dan semakin enak kalau ditambah dengan bawang batak.

Ikan Mas Arsik

Ikan Mas Arsik

Ayam Padar

Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu. Inti dari masakan ini adalah di saus darah ayam itu sendiri.

Masak Ayam Napinadar ini, ayamnya harus dipanggang terlebih dahulu, setelah itu lalu disiram dengan saus spesial yakni darah ayam (manuk) itu sendiri, dan dicampur dengan andaliman, bawang putih bubuk (yang sudah digiling sampai halus) lalu dimasak. Sama seperti kita menuangkan saus ke atas ayam yang sudah dipanggang.

Manuk Napinadar

Manuk Napinadar

Itak Gurgur

Itak Gurgur adalah makanan tradisional khas Batak yang pada umumnya digunakan pada acara adat Batak tertentu.

Itak gurgur dibuat dengan bahan yang sama dengan lampet, yaitu beras yang telah dihaluskan secara tradisional yang kemudian disebut itak. Rasa yang dihasilkan juga hampir sama dengan lapet, yaitu manis dan gurih.

Itak Gurgur

Itak Gurgur

Gabe Male Kan ? “Jadi Lapar kan?”

Baca Juga : Keju Orang Batak