Rate this post

Daerah Danau Toba adalah daerah yang penuh dengan keistimewaan dan sangat unik dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Keistimewaan yang muncul dari daerah ini salah satunya adalah kreatifitas menenun. Dulu, semua hasil tenunan masyarakat dijadikan menjadi pakaian utama yang digunakan tiap hari. Nama keren-nya adalah  Ulos Batak.

Berbagai Produk Kreatif Tenun dan Ulos Batak

Seiring berjalannya waktu, berbagai keunikan dan warisan leluhur diwajibkan untuk kita lestarikan dan diteruskan kepada generasi selanjutnya. Cara melestarikan warisan tersebut sangatlah beragam. Berbagai kreativitas dari Pahlawan budaya melestarikan warisan leluhur ter-khusus Ulos Batak agar selalu melekat pada kehidupan dan tidak termakan oleh nuansa modern yang sudah mulai ter-kontaminasi dengan budaya barat.

  • Motif Ulos dijadikan bahan perancangan Kemeja, Jas dll
  • Tenunan Ulos dijadikan berbagai kerajinan seperti tas, dompet dll
  • Motif ulos sering juga digunakan pada selebaran, undangan yang menyatakan ikon warisan leluhur
Pakaian Wanita dengan Motif Ulos

@pariwisata_sumut

Kreativitas dari Ulos

@ranikenes

Kreativitas Ulos Batak

@lawak_batak

Kreatifitas tercipta dari munculnya ide-ide cemerlang yang  di-eksekusi. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian sekaligus melangsungkan tanggung jawab sebagai generasi penerus Batak secara tidak sadar. Anda pasti sudah tau betul dari mana produk diatas berasal jika sebelumnya anda mengenal budaya Batak . Ini adalah ide yang sangat baik sehingga masyarakat selalu ingat akan masyarakat batak dan pastinya indahnya Danau Toba :).

Jika Anda belum mengenal budaya batak,hal ini menjadi keuntungan bagi generasi orang sekitar Danau Toba. Karena produk kreatifitas ini menjadi media yang baik untuk memperkenalkan ikon batak tanpa harus putar film, iklan TV  taruh di museum terkenal dll, ido kan?? (terjemahan : iya kan)

Hal tersebut yang menjadi daya-tarik banyak orang untuk untuk menggali lagi budaya dari masyarakat batak dan memunculkan berbagai kreativitas Ulos dan Tenun Batak.

Berikut kutipan perjalanan dari bang Charis M Purba yang cinta akan keindahan alam dan istimewa warisan leluhur sekitar Danau Toba.

Menemukan mereka menjadi berbeda pada satu perjalanan ke Danau Toba menggemakan nuansa tersendiri. Ulos dikembangkan menjadi bentuk dan fungsi yang ditemukan dalam kegiatan sehari-hari seperti tas, dompet dan masih banyak lagi. Ada pesan-pesan semesta bersamanya.

Tanpa menafikan masyarakat dan orang-orang yang tetap berjuang dalam dunia pelestarian tenun ataupun budaya Batak, bentuk kreativitas dari Ulos dan tenun Batak sangat baik untuk dikembangkan. Oleh karena itu, kiranya pengembangan dan inovasi tenun Batak menjadi bagian yang melengkapi dalam khasanah dan perkembangan budaya serta tenun Batak. Namun pastinya keberadaan para pahlawan budaya (penenun) dan kegiatan kelestariannya harus terus menjadi bagian perjuangan yang takkan pernah berhenti. Keniscayaan

Salam untuk semua pahlawan kebudayaan.
Horas.”

Jika anda ingin mengetahui lebih, ayo…datang ke Danau Toba. Kami siap melayani Anda. Anda sopan, kami pun segan. Jangan takut dengan suara kencang kami, kami segan dan tegas.

Anda dapat merencanakan perjalanan anda ke Danau Toba. Jika Anda butuh bantuan terkait dengan rencana perjalanan anda, anda dapat menghubungi kami disini. Kami akan menghubungkan anda kepada lokal Guide di Daerah Danau Toba.