Rate this post

Horas Sahabat Tripelaketoba, Apakah anda mengenal kota Parapat? Yup, Parapat adalah sebuah kota yang terletak pada semenanjung yang menjorok ke Danau Toba. Lokasi ini merupakan lokasi yang cukup terkenal di sekitar Danau Toba. Sehingga dulu, jika wisatawan menyebutkan Parapat, pasti akan terbayang dengan pantai dan Danau Toba (Danau toba Parapat). Waktu saya kecil, lokasi ini selalu di penuhi oleh turis mancaneggara maupun lokal lho saking terkenalnya.

Asal Usul Kota Parapat

Sudah pernah tidak dengan cerita rakyat mengenai Batu Gantung? Kenapa lari ke batu gantung abang? hmmm…karena ini ada hubungannya adek….. SIngkat cerita begini..

“Alkisah ada seorang gadis( anak boru) yang dipaksakan oleh orang tuanya untuk menikah dengan lelaki (baoa) cukup mapan di desa itu. Karena si gadis tidak suka dijodoh-jodohkan, dia berlari menangis di dekat tebing mengarah ke Danau Toba bersama anjing peliharaanya. Iya..mereka sangat akrab, kemana-mana selalu bersama hehe. Saat berjalan ke arah tebing itu,  tiba-tiba si gadis jatuh ke dalam sebuah lubang batu besar hingga masuk ke dasarnya. “Parapat..Parapat..batu” ( artinya : mari rapatkan batu) kata gadis tersebut karena dia sudah putus asa akan kondisi dan nasibnya. Si Anjing bergegas ke rumah untuk memberitahukan pada seisi rumah, dan sesampainya di lokasi tebing, tidak seorang pun dari masyarakat yang dapat menolong. Mereka hanya mendengar seruan si gadis mengatakan “Parapat..Parapat.” hingga gempat terjadi dan si gadis tersebut berubah menjadi batu. Nama “Parapat” adalah yang dipilihkan oleh masyarakat setempat untuk kota yang dekat dengan lokasi tersebut.

Danau toba parapat

Kenangan Kota Parapat

Kota Parapat adalah salah satu kota kenangan dan bersejarah di Negara Indonesia. Di kota ini, terdapat sebuah rumah tempat pengasingan Bung Karno. Lokasi ini dekat sekali dengan pantai dan orang sana bilang terletak di Pantai Ujung. Lokasi ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset Danau Toba. Arsitektur bangunan ini sangat mirip dengan bangunan eropa klasik. Jika Anda hobby untuk berlari pagi di kota Parapat, singgahlah di lokasi ini menikmati udara segar dan Indahnya pemandangan. Di sore, lokasi ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menyaksikan sunset yang melukiskan pemandangan yang menakjubkan di danau toba. Anda juga dapat mengunjungi Air Terjun yang unik dari kota ini.

Bangunan Pengasingan Bung Karno

src : medan_panduwisata

Sunset Danau Toba

@jeffhasibuan

Destinasi Kota Parapat

Hal yang harus anda coba lakukan ketika mengunjungi danau toba parapat, singgahlah dulu di Desa Panatapan, minum kopi dan nikmati pemandangan Danau Toba dari tempat ini. Berbagai liku-liku perjalan anda dari Kota Siantar ataupun Balige ketika mengunjungi Parapat, tapi itu akan terbayar semua ketika sudah 1 Km menuju kota ini. Banyak view2 yang harusnya kamu abadikan yang akan menjadi kenangan dari tahun ke tahun melalui photo. Anda juga akan menjumpai “Monyet” di pinggiran jalan untuk menyambut wisatawan dengan senyuman dengan harapan mendapatkan perhatian dari Anda melalui makanan. Jika Anda pencinta binatang, ayo explore banyak disini, tapi jika tidak “‘hmm..” jangan coba-coba ya, stay aja di Mobil.

Minum Kopi di Panatapan Parapat

@ymunthe

Monyet di Marsuse

@friskatresya

Rencanakan perjalanan Anda ke danau toba Parapat. Bagi anda yang ingin liburan atau  menikmati berbagai hiburan tahunan , Ayo lihat pilihan hotel dan tiket disini