Berbagai Jenis Tortor Batak Toba
5 (100%) 1 vote

Tortor (Tarian) merupakan tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang yang dikenal dikalangan orang Batak. Secara fisik tortor merupakan tarian, namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tortor adalah sebuah media komunikasi, di mana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara.

Makna Tortor

Tortor bukanlah hanya sebatas tarian semata dengan gerakan yang indah dan ekspresif namun Tari tortor digunakan sebagai sarana penyampaian batin baik kepada roh-roh leluhur dan maupun kepada orang yang dihormati (tamu-tamu) dan disampaikan dalam bentuk tarian menunjukkan rasa hormat.

Makna Tortor Batak Toba

Source : tobadetour.com

Lokasi Wisata Instagramable

Beberapa Jenis Tortor dan Pengertiannya

Tortor Somba

Tortor Somba adalah Tari Tortor untuk menghormati Tuhan Yang Maha Kuasa, Raja serta para undangan agar mendapat berkat dan restu dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam bekerja.

Tortor Somba

Source : http://pesonabatak.blogspot.co.id

Tortor Tunggal Panaluan

Tortor Tunggal Panaluan adalah Tari Tortor yang sangat sakral bagi orang batak karena tortor ini menjadi mediasi manusia dengan Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Kuasa). Tortor tunggal panaluan dilaksanakanseorang dukun (Datu Bolon) atas perintah sang Raja dengan tujuan untuk menolakbala, meminta atau menolak hujan, membentuk kampung, atau mengambil keputusan untuk berperang.

Tortor Tunggal Panaluan

Source : http://pesonabatak.blogspot.co.id

Sendratari Pernikahan

Sendratari ini menceritakan prosesi singkat pernikahan pesta adat Batak Toba mulai dari 5 pasang muda-mudi mengikuti pesta Naposo (Muda-Mudi) dan sepasang sejati dari mereka saling jatuh cinta. Kemudian mereka meminta pesta dari kedua orangtuanya dan selanjutnya prosesi pernikahan yang diberkati Pengetua Adat.Kemudian diteruskan prosesi pesta adat hingga pesta besar karena pihak laki-laki dan pihak perempuan selalu membuat suatu keputusan dan mempersetujui pesta pernikahan segera dilaksanakan.

Tortor Sipitu Sawan

Tortor Sipitu Sawan adalah Tari tortor yang menceritakan ketika Mulajadi Nabolon(Tuhan Yang Maha Kuasa) pertama kalimenurunkan orang Batak di Pusuk Buhit dan kembali menurunkan 7(Tujuh) bidadari di Pusuk Buhit sambil menari dengan tujuh sawan yang berisi air dari 7 sumber mata air dan diperas dengan jeruk purut bertujuan membersihkan manusia yang sudah berbuat dosa agar hidup damai, rukun dan saling menghormat.

Tortor Sipitu Sawan

Source : medanbisnisdaily

Lokasi Menyaksikan Tortor Secara Live

Bagi Anda yang berwisata di Daerah Danau Toba dan ingin menyaksikan langsung bagaimana TorTor Batak Toba itu, yuk berkunjung ke Danau Toba. Anda dapat menyasikannya di Desa Simanindo Museum Huta Bolon. Biasanya di Normal Season, tortor ini dipertunjukkan tiap hari sabtu dan minggu namun kalau high season, Anda bisa menyaksikannya setiap hari.

Museum Huta Bolon Simandindo Samosir

Source : JSHotel

Lama perjalanan sekitar 1 jam dari Prapat dengan panorama alam Danau Toba yang eksotis akan mengantarkan wisatawan ke pelataran Simanindo. Selanjutnya, Anda harus berjalan sekitar 100 meter menuju Museum Huta Bolon.

Selain di Museum Huta Bolon, Anda juga dapat menyaksikan tortor di Tomok Pulau Samosir dekat Makam Sidabutar.

Ingin rental kendaraan untuk berwisata ke sana, coba cek disini siapa tau ada yang cocok. Rental Mobil di Danau Toba